ORIENTASI MAHASISWA BARU FKM UNAIR HADIRKAN PEMBICARA DARI BAPPENAS: BAHAS PRIORITAS PEMBANGUNAN KESEHATAN DAN PARADIGMA PUBLIC HEALTH

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) menggelar acara OSPEK SEHAT dengan menghadirkan pembicara istimewa, Bapak M. Djuzlfikar Arifi, S.KM., dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Dalam kesempatan ini, beliau membahas tema penting mengenai Prioritas Pembangunan Kesehatan dan Paradigma Public Health di Indonesia, di hadapan mahasiswa baru FKM UNAIR.

Dalam pemaparannya, Bapak Djuzlfikar menyoroti berbagai prioritas pembangunan kesehatan nasional yang saat ini tengah difokuskan oleh pemerintah, termasuk penguatan sistem kesehatan, penurunan angka stunting, peningkatan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, serta optimalisasi program pencegahan penyakit menular dan tidak menular. “Pembangunan kesehatan adalah investasi jangka panjang yang krusial bagi kemajuan bangsa. Kami di Bappenas berupaya memastikan kebijakan dan program kesehatan yang dijalankan sejalan dengan visi pembangunan nasional yang berkelanjutan,” ujar Bapak Djuzlfikar.

Selain itu, Bapak Djuzlfikar juga memaparkan perubahan paradigma dalam kesehatan masyarakat (public health), yang kini lebih menekankan pada pendekatan preventif dan promotif. “Paradigma kesehatan publik saat ini harus berfokus pada pencegahan dan promosi kesehatan. Kita tidak hanya mengobati penyakit, tetapi juga membangun kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan mencegah penyakit sejak dini,” jelasnya.

Mahasiswa baru FKM UNAIR menyambut materi yang disampaikan dengan antusias, terutama terkait peran mereka sebagai calon tenaga kesehatan di masa depan. Diskusi interaktif terjadi ketika para mahasiswa bertanya mengenai bagaimana peran generasi muda dalam mendukung prioritas pembangunan kesehatan, khususnya melalui program-program inovatif di masyarakat.

Acara Orientasi  Mahasiswa baru ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa baru FKM UNAIR untuk memahami peran strategis mereka dalam mendukung pembangunan kesehatan di Indonesia, serta menginspirasi mereka untuk menjadi agen perubahan di bidang kesehatan masyarakat.

Penulis : Novi Dian Arfiani