FKM NEWS – sebuah tim yang terdiri dari tujuh mahasiswa yaitu Ni Putu Sri, Aqila Tsabitul Azmi, Carissa Dar Azizi, Saskia Inayati, Nabila ‘Ainur, Imeldawati Tambunan, dan Ambrosius Restaurana dari kelas IKM C 2022, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unair, Surabaya telah berhasil melakukan analisis kualitas lingkungan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah, Surabaya.
SDIT Al Uswah merupakan salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar swasta yang berlokasi di Jalan Kejawan Gebang No.6, Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. SDIT Al Uswah telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) 173/BAP-S/M/SK/XI/2017 dan NPSN 20532993.
Selama proses analisis, mahasiswa FKM UNAIR secara teliti melakukan observasi pada setiap aspek lingkungan di SDIT Al Uswah. Indikator yang diobservasi diantaranya lokasi sekolah, konstruksi bangunan, ruang bangunan, kualitas udara ruangan, pencahayaan, ventilasi, fasilitas sanitasi sekolah, sarana olahraga dan ibadah, halaman, bebas jentik nyamuk, APAR, dan titik kumpul. Instrumen yang digunakan selama analisis disusun berdasarkan Kepmenkes No. 1429/Menkes/SK/XII/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No:4/MEN/1980, dan Permen PUPR No.14 Tahun 2017. Berbekal alat ukur dan aplikasi terkini mahasiswa berhasil menyelesaikan observasinya. Selain observasi, mahasiswa juga melaksanakan wawancara tidak terstruktur untuk memperoleh informasi yang mendalam terkait sekolah.
Salah satu hal yang menjadi sorotan selama melaksanakan analisis adalah pelayanan yang diberikan oleh Ustad dan Ustadzah di SDIT Al Uswah. Mahasiswa melaporkan bahwa selama proses analisis mereka merasa sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan oleh Ustadz dan Ustadzah. Aqila salah satu tim mahasiswa FKM UNAIR menyatakan, “Kami sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh Ustadz dan Ustadzah di SDIT Al Uswah. Mereka sangat membantu kami dalam mendapatkan akses ke berbagai fasilitas sekolah dan memberikan informasi yang kami butuhkan.”
Dari analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa indikator lokasi, kualitas udara ruangan, pencahayaan, ventilasi, fasilitas sanitasi, sarana olahraga dan ibadah, halaman, bebas jentik nyamuk, dan APAR tergolong baik. Untuk Indikator konstruksi bangunan dan titik kumpul cukup baik, sedangkan indikator ruang bangunan masih kurang baik. Secara keseluruhan hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi lingkungan sekolah termasuk dalam kategori “Baik” dengan skor 75 dari 87 parameter berhasil memenuhi standar yang telah ditetapkan. Pada indikator yang belum memenuhi diharapkan dapat dijadikan sebagai prioritas dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekolah menjadi lebih baik dengan melakukan perbaikan pada fasilitas sekolah, penyesuaian jumlah sumber daya yang ada, dan peningkatan dalam pemeliharaan fasilitas sekolah.
SDIT Al Uswah berhasil memberikan lingkungan yang sangat baik bagi siswa untuk belajar dan berkembang, Harapannya semoga hasil analisis ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya menyediakan lingkungan sekolah yang berkualitas bagi siswa.
Penulis : Novi Dian Arfiani