AMAZI UNAIR : Membagikan Ilmu Seputar Sponsorship Melalui Kelas Sponsorship

0

FKM NEWS – Kelas sponsorship merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh Divisi Dana dan Usaha (Danus) Asosiasi Mahasiswa Gizi (AMAZI) Universitas Airlangga. Kelas sponsorship ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan mengenai sponsorship dalam penyelenggaraan sebuah acara. Kegiatan ini diadakan satu kali selama satu periode kepengurusan. Kegiatan yang berupa pelatihan ini relevan dengan SDG’s ke-4 yaitu Quality Education.

Sejak awal diadakan, kelas sponsorship ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa gizi yang tergabung dalam sie danus acara Nutribe dan GAM. Nutribe dan GAM adalah dua acara besar yang diselenggarakan oleh program studi gizi FKM Unair. Namun, pada tahun 2021 kelas sponsorship ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa gizi FKM Unair yang ingin mengasah kemampuannya dalam bidang sponsorship.

Sebelum adanya pandemi, kegiatan ini dilaksanakan secara luring. Selama pandemi covid-19 dua tahun belakangan ini, kelas sponsorship dilaksanakan secara daring (online) melalui grup line maupun zoom meeting. Di tahun 2020, kegiatan ini dilaksanakan melalui grup line dengan membagikan materi dalam chat room yang telah dibuat oleh penanggung jawab. Berbeda dengan tahun 2020, kegiatan ini dilaksanakan melalui zoom meeting di tahun 2021 dengan harapan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa gizi FKM Unair. Selain dari segi pelaksanaan, kelas sponsorship 2021 juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dari segi konsep. Kelas sponsorship 2021 mengundang dua pemateri dari mahasiswa FKM Unair untuk dapat membagikan ilmu dan pengalamannya mengenai sponsorship. Tidak hanya itu, tema yang diusung pun terdiri dari dua tema yaitu “Kriteria proposal yang baik dan menarik sponsor” dan “Strategi menggaet sponsor di era pandemi”.

Selain hanya diberikan materi, penyelenggara kegiatan juga menyediakan sesi tanya jawab untuk para peserta yang ingin menyampaikan pertanyaannya kepada pemateri. Tidak hanya itu, peserta juga dapat menyampaikan kritik dan saran mereka terkait acara melalui google form yang telah disediakan. Dengan adanya kelas sponsorship ini, diharapkan peserta dapat menambah wawasan serta dapat mengasah kemampuannya di bidang sponsorship sehingga salah satu target SDG’s yaitu Quality Education.

Penulis: Faradita Aisyah dan Michelle Tania

Berikut link detail kegiatan kelas sponsorship: https://youtu.be/JzvGMzxk1Cw