Buku Edukatif sebagai Media Pendidikan Gizi pada Siswa SD

FKM NEWS – Usia anak sekolah merupakan masa tumbuh kembang anak sehingga dibutuhkan asupan zat gizi secara optimal baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Rendahnya asupan sayur dan buah sebagai sumber zat gizi mikro merupakan salah satu kesalahan pola makan pada anak usia sekolah.

Anja Farahyani Ferwanda melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games terhadap perubahan pengetahuan serta sikap konsumsi sayu dan buah pada siswa sekolah dasar. Penelitian tersebut merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-experiment with one group pre-post test.

Sampel penelitian sebesar 34 siswa kelas 5 SDN Suko 1 Sidoarjo yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan penyampaian materi sebanyak 4 kali selama kurang lebih 60 menit untuk tiap pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses pengumpulan data meliputi kuesioner, lembar semi kuantitatif FFQ, dan buku edukatif berbasis games. Analisis data bivariat yang digunakan pada penelitian ini adalah uji paired t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden tergolong kurang dalam mengonsumsi sayur dan buah perhari. Setelah responden diberi pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games tentang konsumsi sayur dan buah selama satu bulan, diketahui terdapat perbedaan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,038) yang signifikan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games terhadap peningkatan pengetahuan serta sikap konsumsi sayur dan buah siswa sekolah dasar. Diperlukan adanya penyampaian informasi gizi untuk siswa sekolah dasar baik melalui pendidikan gizi, buku perpustakaan, ataupun informasi dari mading sekolah.

 

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Link : http://repository.unair.ac.id/66854/