Mahasiswa Manajemen Puskesmas Departemen AKK Adakan Sosialisasi “Hak dan Kewajiban Pasien” di Puskesmas Kalijudan

Mahasiswa peserta mata kuliah Manajemen Puskesmas Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan mengadakan sosialisasi “Hak dan Kewajiban Pasien” yang dilakukan di ruang tunggu Puskesmas Kalijudan. Kegiatan Sosialisasi “Hak dan Kewajiban Pasien” di Puskesmas Kalijudan bertujuan

untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pasien serta keluarga mengenai hak dan kewajiban mereka selama mendapatkan pelayanan kesehatan. Sosialisasi “Hak dan Kewajiban Pasien” ini menggunakan media visual berupa flyer yang berisi informasi Hak dan Kewajiban Pasien serta Keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Pasal 276.

Pada pukul 08.00, kegiatan diawali dengan persiapan oleh panitia yang meliputi penyediaan konsumsi, flyer, lembar pre-test dan post-test, serta lembar absensi peserta.  Kegiatan ini ditutup dengan pengisian post-test oleh peserta. Acara berakhir pada pukul 09.36 dengan ucapan terima kasih dari panitia dan pengingat bagi peserta untuk menyimpan flyer.

Indikator keberhasilan kegiatan sosialisasi “Hak dan Kewajiban Pasien” ini adalah minimal 25 peserta yang hadir dan minimal 70% peserta mengalami peningkatan pengetahuan yang dievaluasi melalui hasil pre-test dan post-test. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan hasil yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai responden pada pre-test adalah 60 (35,7% dari total skor), sedangkan pada post-test meningkat menjadi 100 (57,1% dari total skor), persentase tersebut menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pasien setelah sosialisasi.

Selanjutnya, untuk meningkatkan pengetahuan pasien lebih lanjut meliputi pengembangan materi edukasi dengan distribusi leaflet, sosialisasi melalui website Puskesmas Kalijudan, keterlibatan aktif tenaga medis dalam menyampaikan informasi dan menjawab pertanyaan pasien, serta kerjasama dengan organisasi non-pemerintah untuk menyelenggarakan program edukasi bersama.

Penulis : Izza Safira