Program S2 Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan

[button color=”purple ” size=”big” link=”http://s2akk.fkm.unair.ac.id/” icon=”arrow” target=”true”] Klik Untuk Informasi Lebih Lanjut Tentang Prodi [/button]

GAMBARAN UMUM

Program  Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) adalah program magister dengan bidang kajian ilmu administrasi dan kebijakan kesehatan yang berorientasi keilmuan dan profesi.

Program Studi AKK terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 243/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013 yang berlaku sampai dengan tanggal 7 Desember 2018.

 

Program Studi AKK memiliki 4 (empat) Minat Studi, yaitu:

  1. Minat Studi Manajemen Kesehatan (MK)
  2. Minat Studi Administrasi Rumah Sakit (ARS)
  3. Minat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK)
  4. Minat Studi Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan (MPKPK)

 

Bidang kajian Program Studi AKK meliputi:

»     Kebijakan Pelayanan Kesehatan (Perumusan Kebijakan dan Analissi Kebijakan Kesehatan)

»     Pengembangan Organisasi Kesehatan (private maupun public)

»     Manajemen Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Puskesmas)

»     Perencanaan Program Kesehatan sesuai dengan organisasi kesehatan

»     Pemasaran dan Keuangan Organisasi Pelayanan Kesehatan

»     Sistem Pembiayaan dan Asuransi Kesehatan

»     Sistem Informasi Organisasi (Informasi Pelayanan, Logistik, Keuangan dan SDM)

VISI

Visi Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan adalah “Menjadi lembaga pendidikan magister bidang Administrasi dan Kebijakan Kesehatan terkemuka, untuk menghasilkan lulusan yang profesional, tanggap terhadap perkembangan IPTEK, dan berjiwa leadership”.

MISI

Misi Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan terdiri dari:

  1. Melaksanakan pendidikan secara profesional, berorientasi terhadap kebutuhan masyarakat berdasarkan pada nilai dasar Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa leadership;
  2. Melaksanakan dan memfasilitasi penelitian untuk pengembangan keilmuan bidang Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, dalam upaya menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai akademisi, peneliti, dan konsultan;
  3. Mengembangkan dan memperkuat networking dengan institusi pelayanan kesehatan, institusi lain yang terkait, dan masyarakat dalam rangka memberikan kesempatan pada peserta didik;
  4. Menerapkan metode residensi, magang, praktek kerja lapangan (PKL), dan benchmarking dalam upaya peningkatan pemahaman dan profesionalisme dosen dan peserta didik dalam pengelolaan pelayanan kesehatan.

NILAI DASAR

”ETHIC”

Excellence with Morality

senantiasa tampil sebagai yang terbaik dengan memegang teguh prinsip moralitas;

Trust dan Teamwork

bekerjasama dilandasi oleh rasa saling mempercayai satu sama lain serta memaksimalkan potensi kelompok untuk tercapainya tujuan bersama;

Humanity

mengedepankan pengembangan kualitas sumber daya manusia seutuhnya dalam rangka pencapaian kinerja organisasi;

Inquiry

senantiasa mengedepankan rasa ingin tahu dalam menggali ilmu pengetahuan;

Commitment

selalu memegang teguh kepentingan bersama dengan dilandasi rasa rela berkorban

 

PROFIL

Lulusan Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan nantinya mempunyai profil sebagai berikut:

  1. Leader (Pemimpin)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu menguasai berbagai macam gaya kepemimpinan serta memiliki ciri pemimpin sehingga dapat memberikan pengaruh positif dan benar bagi lingkungan (internal dan eksternal) dengan didasari nilai etika.

  1. Manager (Manajer)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu mengambil keputusan dalam rangka menyelesaikan masalah pengelolaan  pelayanan  kesehatan yang dihadapi  institusi pelayanan kesehatan.

  1. Academicy (Akademisi)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu menguasai (personal mastery) bidang keilmuan terkait ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan serta mampu mengkomunikasikan ilmu yang dimiliki kepada orang lain (knowledge sharing) dengan mengedepankan nilai profesionalisme dan etika.

  1. Researcher (Peneliti)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu menguasai (personal mastery) bidang keilmuan terkait ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, menguasai metodologi penelitian serta menyusun publikasi ilmiah dalam rangka mengembangka ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan dengan dilandasi nilai profesionalisme dan etika.

  1. Consultant (Konsultan)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu melakukan advokasi dan negosiasi dalam rangka membantu menyelesaikan masalah pengelolaan pelayanan kesehatan yang dihadapi masyarakat serta organisasi pelayanan kesehatan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN  LULUSAN

Capaian Pembelajaran Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Magister Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, sebagai berikut:

SIKAP

Profesional, ber-etika, mampu bekerja dalam tim, selalu memiliki rasa ingin tahu, berorientasi masa depan dengan tetap mengedepankan aspek keilmuan dan kemanusiaan.

 

PENGETAHUAN

  1. Menguasai pengetahuan dan konsep organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan,
  2. Menguasai pengetahuan dan konsep kebijakan kesehatan (formulasi dan analisis kebijakan),
  3. Menguasai pengetahuan dan konsep pengelolaan dan pengembangan kualitas pelayanan kesehatan.
  4. Menguasai konsep berpikir sistem kesehatan

 

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengembangkan organisasi kesehatan melalui pelaksanaan proses manajemen yang efektif dan efisien, dengan menggunakan prinsip, pendekatan, metode serta instrumen manajemen yang relevan.
  2. Mampu mengambil keputusan dalam ruang lingkup kebijakan strategis, manajerial dan operasional bidang kesehatan.
  3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengelolaan pelayanan kesehatan yang dihadapi  institusi pelayanan kesehatan.
  4. Mampu mengembangkan mental model kepemimpinan, karakter yang professional, personal mastery, dan ber-etika.
  5. Mampu mengaplikasikan berbagai pendekatan dalam berkomunikasi (advokasi, negosiasi, dan persuasi) baik dalam komunikasi personal, massa maupun media untuk membangun networking dengan stakeholder dan mitra kerja.
  6. Mampu mengembangkan  ilmu  pengetahuan dan  teknologi di bidang  administrasi  dan kebijakan kesehatan berdasarkan keilmuan.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Minat Studi Manajemen Kesehatan: mampu mengkaji ilmu pengetahuan, seni dan teknologi di bidang administrasi dan kebijakan kesehatan,
  2. Minat Studi Administrasi Rumah Sakit: mampu mengembangkan organisasi dan manajemen rumah sakit secara efektif dan efisien,
  3. Minat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan: mampu mengembangkan organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan publik dan birokrasi secara efektif dan efisien,
  4. Minat Studi Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan: mampu mengembangkan keuangan dan pemasaran pada organisasi kesehatan secara efektif dan efisien.

PERSYARATAN PESERTA DIDIK

  1. Memilki Ijazah Sarjana (S1) kesehatan atau non kesehatan:

  Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah mendapat ijin belajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

  Dari perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah diakreditasi oleh BAN-PT atau telah lulus ujian negara (menyertakan bukti fotokopi Sertifikat Akreditasi Prodi dari BAN-PT).

  Bagi yang tidak linier (bukan S.KM/Dokter/Dokter Gigi/S1 Manajemen RS/S1 Rekam Medik, Apoteker/S1 Farmasi/ S1 Keperawatan/Ners, S1 Kebidanan) wajib mengikuti Program Matrikulasi.

  1. Bagi yang masih aktif bekerja harus memperoleh ijin, dengan bukti Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung
  2. Berbadan sehat (dinyatakan dengan surat keterangan dokter)
  3. Lulus dalam ujian saringan / seleksi (tes TPA, bahasa inggris, dan wawancara)
  4. Harus menjadi peserta penuh (full time)
  5. Khusus Minat Studi Administrasi Rumah Sakit, memiliki pengalaman kerja di rumah sakit di bidang manajemen kerumahsakitan minimal 2 tahun, jika tidak memenuhi syarat tersebut, wajib magang di RS selama 1 tahun (pada saat semester 1 dan 2).

WAKTU DAN LOKASI KULIAH

Kegiatan Akademik diselenggarakan :

Setiap hari Kamis s.d. Sabtu, Kamis dan Jum’at pukul 08.00 – 17.00 WIB. dan Sabtu pukul 07.00 – 13.00 WIB.

Lokasi pendidikan berada di

(1)   Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair, Jalan Mulyorejo Kampus C Unair, Surabaya;

(2)   Rumah Sakit dan Institusi pelayanan kesehatan (Dinas Kesehatan, Puskesmas) sebagai tempat PKL dan residensi.

GELAR

Magister Kesehatan (M.Kes.)

BIAYA PENDIDIKAN

BIAYA PENDIDIKAN Jumlah
SUMBANGAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (SOP) Rp 9.000.000
SUMBANGAN PEMBINAAN DAN PENINGKATAN PENDIDIKAN (SP3) Rp 10.000.000
MATRIKULASI Rp 2.000.000

Belum termasuk biaya penelitian, residensi, studi banding & praktek kerja lapangan.

STAF PENGAJAR

Staf Pengajar pada Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan berasal dari :

  1. Fakultas Kesehatan Masyarakat dan beberapa Fakultas terkait di lingkungan Universitas Airlangga.
  2. Praktisi dan pengelola institusi kesehatan (Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, Asuransi Kesehatan, Lembaga Penelitian Kesehatan).
  3. Dosen tamu dari dalam dan luar negeri
Dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan beberapa Fakultas terkait di lingkungan Universitas Airlangga.
Prof. Dr. I Made Narsa, S.E., M.Si., Ak., CSRS., CA.,CMA.
Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni, dr., M.S., M.PH.
Prof. Dr. Rika Subarniati T., dr., S.KM.
Prof. Dr. S. Supriyanto, dr., M.S.
Prof. Dr. M. Zainuddin, Drs., Apt.
Prof . Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons)
Widodo J.P., dr., M.S., M.PH., Dr.PH.
Dr. Djazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARS.
Dr. Ernawaty, drg., M.Kes.
Dr. Hari Basuki Notobroto, dr., M.Kes.
Dr. M. Bagus Qomaruddin, Drs., M.Sc.
Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.S.
Dr. Setya Haksama, drg., M.Kes.
Dr. Thinni Nurul Rochmah, Dra.Ec., M.Kes.
Dr. Windhu Purnomo, dr., M.S.
Dr. Fitri Ismiyanti, S.E., M.Si.
Dr. Masmira Kurniawati, S.E., M.Si.
Dr. Sri Hartini, S.E., M.Si.
Dr. Widi Hiddayat, S.E.Ak., M.Si.
Dr. Anang Endaryanto, dr., Sp.A(K)
Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, dr., Sp.KK (K)
Dr. Joewono, dr., M.Sc., Sp.PD-KR.
Dr. R. Darmawan Setijanto, drg., M.Kes.
Dr. A.H. Yusuf, S.Kp., M.Kes.
Dr. Kusnanto, S.Kp., M.Kes.
Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si., Psikolog
Indriati Paskarini, S.H., M.Kes.
Maya Sari Dewi, S.KM., M.Kes.
Nuzulul Kusuma Putri, S.KM., M.Kes.
Ratna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.
Tito Yustiawan, drg., M.Kes.
Sri Gunawan, Drs., M.Com., DBA.
Iswajuni, S.E.Ak., M.Si.
Yustrida Bernawati, Dra., M.Si., Ak.
Heru Purwanto, dr., Sp.B(K)Onk.
Joseph Ekowahono R, dr., M.Kes., Sp.S.
Triana Kesuma Dewi, S.Psi., M.Sc.

 

Praktisi dan pengelola institusi kesehatan (Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, Asuransi Kesehatan, Lembaga Penelitian Kesehatan)
Dr. Adji Prayitno Setiadi, Drs.Apt., M.S.
Abdul Mubarok, S.H., M.H., M.Kes.
Aris Cahyo Purnomo, S.Kep., Ns., M.Kes.
Dhien Juningtyas, Dra., Apt., M.Kes.
Hargo Wahyuono, S.E.Ak., M.Si.
Hartono Tanto, dr., M.ARS.
Juliana Sandrawati, dr., M.ARS.
One Widyawati, S.KM., M.Kes.
Tatin Wahyanto, S.Kom., M.Kes.
Siti Yatimah, Dra.Ak., M.Kes.

 

INFORMASI

Sdr(i): Ade, Kukuh, dan Husni

d/a Sekretariat Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)

Fakultas Kesehatan Masyarakat Lt.3

Kampus C UNAIR Jl. Mulyorejo

Surabaya 60115

Telp/Fax: 031-5927113

Informasi Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung PPMB

Airlangga Convention Center (ACC)

Kampus C UNAIR Jl. Mulyorejo

Surabaya 60115

Telp.: (031) 5956009, 5956010, 5956013

Fax.: (031) 5956027

website: ppmb.unair.ac.id

STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN

Koordinator Program Studi          : Dr. Djazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARS.

Sekretaris                                            : Ratna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.

Administrasi Program Studi         : Husni Kurnia Nurhasim, S.Si.
Ketua Minat Studi MK                    : Dr. Thinni Nurul Rochmah, Dra.Ec., M.Kes.

Sekretaris                                            : Tito Yustiawan, drg., M.Kes.

Administrasi Minat Studi               : Ade Mira Sari, S.KM.
Ketua Minat Studi ARS                   : Dr. Djazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARS.

Sekretaris                                            : Tito Yustiawan, drg., M.Kes.

Administrasi Minat Studi               : Ade Mira Sari, S.KM.
Ketua Minat Studi MPK                 : Prof. Dr. S. Supriyanto, dr., M.S.

Sekretaris                                            : Ratna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.

Administrasi Minat Studi               : Kukuh Yanuaristanto, S.E.
Ketua Minat Studi MPKPK            : Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.S.

Sekretaris                                            : Dr. Ernawaty, drg., M.Kes.

Administrasi Minat Studi               : Kukuh Yanuaristanto, S.E.

 

MINAT STUDI

  1. Manajemen Kesehatan (MK)

Minat studi ini lebih bersifat akademik yang mempelajari Ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan.

Struktur perkuliahan

Kegiatan akademik maksimal 70%

Kegiatan profesi minimal 30%

Tesis diarahkan pada penguasaan konsep ilmiah, bukan terapan, baik di bidang kesehatan secara umum, pelayanan kesehatan, dan birokrasi kesehatan. Lebih mendalami keilmuan bukan  problem solving.

Sasaran: para pendidik (guru, dosen, peneliti, instruktur dan widya iswara).

Daftar Mata Kuliah

Kode Nama Mata Ajar sks
PHM602 Filsafat Ilmu Administrasi 2
KMA601 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 2
MNS622 Manajemen Rumah Sakit dan Puskesmas 2
MNM608 Manajemen SDM Bidang Kesehatan 2
PNM697 Metodologi Penelitian 2
MNS620 Sistem Informasi Manajemen dan Epidemiologi Kesehatan 2
MAS601 Statistika 2
EKH601 Ekonomi Manajerial Program Kesehatan 2
MNG607 Manajemen Logistik dan Fasilitas 2
MNP609 Manajemen Pemasaran Bidang Kesehatan 2
MNS626 Pengembangan dan Perubahan Organisasi Yankes 2
MNS627 Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan 2
PSC615 Psikologi Kesehatan 2
ETM603 Seminar Kebijakan,Etika dan Hukum Kesehatan 2
MNS629 Manajemen Mutu Program Kesehatan 2
MNS623 Manajemen Strategik Program Kesehatan 2
PNM602 Metode Penelitian dan Statistika Manajemen 2
KMK607 Seminar Masalah Kesehatan & Bedah Jurnal 2
PNM699 Tesis 8
Total sks 44

 

  1. Administrasi Rumah Sakit (ARS)

Minat studi yang berorientasi pada pendidikan akademik profesi, khususnya bidang manajemen rumah sakit.

Struktur perkuliahan

Kegiatan akademik maksimal 60%

Kegiatan profesi minimal 40%

Tesis diarahkan pada kegiatan manajemen yang bersifat mikro, secara khusus manajemen rumah sakit dengan penekanan penulisan tesis yang berupa problem solving dalam lingkup manajemen rumah sakit yang didasari oleh konsep keilmuan.

Sasaran: para praktisi dan profesional di bidang perumahsakitan, baik pemerintah maupun swasta.

Daftar Mata Kuliah

Kode Nama Mata Ajar sks
PHM602 Filsafat Ilmu Administrasi 2
KMA601 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 2
MNS617 Manajemen dan Penatalaksanaan Keperawatan 2
MNM606 Manajemen Sumber Daya Manusia (Stratejik dan Operasional) 2
MNP620 Pemasaran dan Pencitraan Rumah Sakit 2
MNG608 Rantai Logistik Rumah Sakit (Stratejik dan Operasional) 2
EKH602 Ekonomi Manajerial Bidang Kesehatan 2
MNU628 Manajemen Kinerja (Stratejik dan Operasional) 2
MNS637 Manajemen Stratejik dan Metode Stratejik 2
KMA604 Seminar Kebijakan, Etika dan Hukum Perumahsakitan 2
MAS606 Statistika Manajemen 2
MNK616 Akuntansi dan Keuangan untuk Rumah Sakit 2
PNM697 Metodologi Penelitian 2
KKM604 Residensi 4
PSO601 Sosio Atropologi Kesehatan dan Perilaku Organisasi 2
MNS632 Teknologi Komunikasi dan Informasi Rumah Sakit 2
KDI602 Evidance Based Medicine dan Keselamatan Pasien 2
PNM699 Tesis 8
Total sks 44

 

  1. Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK)

Minat studi yang berorientasi pada studi administrasi dan kebijakan kesehatan secara makro pada institusi pelayanan kesehatan.

Struktur perkuliahan

Kegiatan akademik maksimal 60%

Kegiatan profesi minimal 40%

Tesis diarahkan pada kegiatan yang bernuansa terapan maupun problem solving di organisasi kesehatan dan birokrasi kesehatan secara umum.

Sasaran: Pimpinan dan staf dari Dinas Kesehatan, Manajer Institusi pelayanan kesehatan, peneliti bidang kesehatan.

Daftar Mata Kuliah

Kode Nama Mata Ajar sks
PHM601 Filsafat Ilmu 2
KMA601 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 2
MNM618 Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat 3
MNS625 Organisasi dan Metode Manajemen Yankes 2
MNS620 Sistem Informasi Manajemen dan Epidemiologi Kesehatan 2
MAS601 Statistika 2
KMA607 Analisis Kebijakan, Etik dan Hukum Kesehatan 3
EKH601 Ekonomi Manajerial Program Kesehatan 2
MNG607 Manajemen Logistik dan Fasilitas 2
MNS619 Manajemen Mutu Program Kesehatan 2
MNP610 Manajemen Pemasaran dan Kewirausahaan 2
MNS628 Perencanaan dan Evaluasi Pelayanan Kesehatan 2
MNS616 Manajemen Program Kesehatan 2
PNM697 Metodologi Penelitian 2
KMA602 Pengembangan dan Perubahan Organisasi Yankes 2
KKM602 Residensi 2
MNS631 Sistem Pembiayaan dan Asuransi Kesehatan 2
KMA603 Seminar Isu-Isu Bidang Kesehatan 2
PNM699 Tesis 8
Total sks 46

 

  1. Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan (MPKPK)

Minat studi yang berorientasi pada pendidikan akademik profesi, khususnya bidang pemasaran dan keuangan pelayanan kesehatan (private dan public)

Struktur perkuliahan

Kegiatan akademik maksimal 60%

Kegiatan profesi minimal 40%

Tesis terutama diarahkan pada kajian manajemen yang bersifat mikro, secara khusus pada bidang pemasaran dan keuangan rumah sakit, puskesmas, klinik dan organisasi kesehatan lain (private dan public)

Sasaran: sarjana kesehatan dan non kesehatan (untuk non kesehatan diutamakan sarjana ekonomi), manajer dan staf dari Instansi Pelayanan Kesehatan terutama di bagian pemasaran dan keuangan serta yang berminat.

Daftar Mata Kuliah

Kode Nama Mata Ajar sks
AKK604 Akuntansi Keuangan 2
PHM601 Filsafat Ilmu 2
KMA601 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 2
MNP622 Pemasaran Jasa Pelayanan Kesehatan 2
MNM622 Pengembangan SDM dan Manajemen Kerja 2
MNP623 Riset Pemasaran 2
AKM603 Akuntansi Manajemen 2
EKH604 Ekonomi Kesehatan (Teori dan Praktikum) 3
MNP624 Integreated Marketing Communication 2
MNS618 Manajemen Mutu Jasa Pelayanan Keseahtan 2
MNS634 Perencanaan Evaluasi dan Penganggaran 2
PSI623 Perilaku Konsumen 2
MAS606 Statistika Manajemen 2
MNK615 Manajemen Keuangan Pelayanan Kesehatan 2
MNS621 Manajemen Risiko dan Asuransi Kesehatan 2
PNM697 Metodologi Penelitian 2
KKM603 Residensi dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2
MNP612 Sistem Informasi Manajemen Pemasaran dan Keuangan Bidang Kesehatan 2
MNS633 Sistem Pembiayaan Kesehatan 2
PNM699 Tesis 8
Total sks 47