Breaking News
Home / Berita / FKM kembangkan PHISS versi 2.0

FKM kembangkan PHISS versi 2.0

FKM NEWS-Fakultas Kesehatan Masyarakat sebagai bagian dari Universitas Airlangga turut mendukung untuk mewujudkan menuju 500 World Class University. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perubahan birokrasi menjadi lebih mudah dan kekinian. Perkembangan teknologi yang tidak bisa terbendungkan dimanfaatkan untuk mempermudah birokrasi, salah satunya pada saat meminjam ruang kuliah untuk keperluan akademik.

Aplikasi peminjaman ruang kuliah untuk keperluan akademik telah diwujudkan oleh Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat melalui Public Health Integrated Schedule System. Pembuatan aplikasi dimulai pada akhir tahun 2017. Aplikasi tersebut telah dilaksanakan secara terbatas pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pelaksanaan uji coba tersebut dilaksanakan hanya pada mahasiswa maupun dosen Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat.

Pelaksanaan pada semester genap tersebut memberikan respon positif dari Sub Bagian Sarana dan Prasarana, Mahasiswa, Dosen maupun Pimpinan di Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Respon tersebut membuat tim pengelola aplikasi PHISS melakukan pengembangan terhadap aplikasi agar dapat memfasilitasi fungsi pada semua program studi. Aplikasi tersebut akhirnya menjadi nama Public Health Integrated Schedule System 2.0 atau biasa disebut dengan PHISS 2.0. Perubahan pada aplikasi diantaranya:

  1. Menambahkan master Program Studi
  2. Menambahkan fungsi meng-export data dan meng-import data pada setiap master data
  3. Pada fungsi random jadwal, ditambahkan role berupa penggunaan Program Studi selain S1 Kesehatan Masyarakat
  4. Memperbaiki fungsi jam pada form Booking agar tidak tumpang tindih
  5. Menambahkan keterangan kapasitas serta barang penunjang lainnya pada setiap Ruang Kuliah di menu Booking
  6. Membuat output hasil berupa grafik dari data booking sehingga dapat dibaca secara real time

Pengembangan aplikasi Public Health Integrated Schedule System 2.0 harapannya dapat menunjang proses pendidikan yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kelancaran proses pendidikan nantinya berefek kepada prestasi civitas akademika yang ada. Sehingga dapat menunjang Universitas Airlangga mencapai 500 World Class University.

Untuk mengakses aplikasi berbasis web ini, para mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah dapat mengakses https://phiss.fkm.unair.ac.id/home/dashboard  melalui desktop/laptop, jika kesulitan aplikasi ini dapat juga dibuka di perangkat gawai. USI FKM Unair sebediri menyediakan beberapa PC (Personal Computer) yang dapat membantu mempermudah akses booking ruangan kelas. (IAR)

 

 

 

Lihat juga

Almetric Score untuk Memperluas Penyebaran Publikasi Artikel Ilmiah

FKM NEWS- Dalam workshop yang diadakan oleh tim jurnal FKM Unair kemarin (4/9) Prof. Wah-Yun …

%d blogger menyukai ini: