Home / Berita / KKN BBM 193 Malang Ajak Masyarakat Jaga Asupan Gizi dan Buat Jamu Kekebalan Tubuh

KKN BBM 193 Malang Ajak Masyarakat Jaga Asupan Gizi dan Buat Jamu Kekebalan Tubuh

FKM NEWS-Sistem imun tubuh manusia sangat diperlukan untuk menangkal berbagai macam penyakit, apalagi disituasi sekarang yang rawan terinfeksi virus maka sistem imun menjadi senjata utama untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Jamu adalah minuman yang berasal dari rempah-rempah dan sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) BBM 193 Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang mencetuskan ide untuk mengajak masyarakat membuat jamu kekebalan tubuh.

“Bahan-bahan jamu cukup mudah didapat seperti jahe merah, kunyit, temulawak dan lain-lain” Seru Aries Nilla Dwi Rahayuningsih mahasiswa Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR).

Aries yang menjabat sebagai bendahara program KKN tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa kelompok mereka juga membuat enam resep cara pembuatan jamu dengan tampilan yang menarik dan dibagikan kepada warga karena banyak warga yang antusias untuk membuat jamu dan dijadikan peluang bisnis.

Selain jamu, terdapat asupan gizi lain yang dapat membantu meningkatkan sistem imun. “Karena belum ada penelitian resmi yang membuat makanan pencegah Covid-19 maka kami merekomendasikan vitamin-vitamin yang mendukung kerja sistem imun seperti vitamin c, zink.” Ujar Aries. 

Rekomendasi vitamin bagi masyarakat di saat pandemi terangkum dalam booklet yang berjudul “Gizi dan Imunitas pada Masa Pandemi Covid-19” yang disebarkan kepada warga secara online melalui grup.

Aries dan kawan-kawan juga membuat inovasi daun sirih yang banyak tumbuh di Desa Karangpandan yang diolah menjadi handsanitizer serta membuat kegiatan lain bersama warga diantaranya Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) go online yaitu membantu para pemilik UMKM memanfaatkan teknologi internet untuk menjangkau konsumen lebih luas, membuat webinar peluang usaha dikala pendemi yang menghadirkan salah satu pengusaha sukses di Malang serta membantu dan mengedukasi guru-guru Sekolah Menegah Atas (SMA) di Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang membuat video pembelajaran online sehingga mudah untuk diakses para siswa.

Penulis : Arira Celia Virta Parawansa

Editor : Tunjung Senja Widuri

About tunjungsenjawiduri

Lihat juga

klikdokter.com

Benarkah Masker Scuba Tidak Efektif Menangkal Covid-19?

FKM NEWS – Sampai saat ini angka penderita Covid-19 masih terus meningkat di berbagai negera, …

%d blogger menyukai ini: