Home / Berita / Kolaborasi Tim PKL, Petugas Kesehatan dan Pihak Desa dalam Launching Perdana Posyandu Remaja

Kolaborasi Tim PKL, Petugas Kesehatan dan Pihak Desa dalam Launching Perdana Posyandu Remaja

FKM NEWS – Pada Minggu (19/01/2020) Desa Punggur, Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro melakukan kegiatan launching perdana Posyandu Remaja. Bertempat di balai Desa Punggur, acara ini berkolaborasi dengan tim Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) kelompok 7. Diawali dengan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, lingkar lengan atas, dan pemeriksaan tekanan darah, acara ini berjalan dengan lancar.

Pembukaan acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Desa Punggur, yaitu bapak Yudi Purnomo. Dalam sambutannya, beliau berharap bahwa dengan adanya posyandu remaja ini bisa menjadi generasi penerus bagi orang tuanya. Tidak hanya sambutan, sebelum menerima materi terdapat games yang melibatkan 10 remaja untuk ikut bermain di depan.

Dipandu oleh Cyntia dan Annastasia, games tersebut berhasil mencairkan suasana pada siang itu. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh mahasiswa PKL mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja, Prawita selaku pemateri pada siang itu menyampaikan tips menjaga alat kelamin, dengan cara membasuh alat kelamin dengan air mengalir dan tidak memakai sabun, tidak sering memakai toilet umum, dan mengganti pembalut 3-4 jam sekali saat menstruasi datang. Kemudian sesi tanya jawab dan foto bersama menjadi penutup acara itu.

Ririn Insianawati, Bidan Desa Punggur menjelaskan bahwa selain karena program dari pemerintah, hal yang melatarbelakangi terbentuknya posyandu remaja ini yaitu agar remaja bisa sehat, berkualitas, dan produktif, sehingga bisa memiliki daya saing.

“Tujuan dari posyandu remaja ini untuk mendeteksi kelainan penyakit dini pada remaja, untuk tau status gizi remaja, dan meningkatkan pengetahuan tentang masalah kesehatan remaja” ujarnya.

Harapan Bidan Ririn, kedepannya nanti Posyandu Remaja bisa terus aktif berjalan. Ia juga menerangkan bahwa telah merintis posyandu ini satu tahun yang lalu.

“Selain kerjasama yang bagus dari pihak desa dan petugas kesehatan desa, ada kolaborasi yang bagus juga dari mahasiswa PKL, sehingga posyandu remaja ini bisa dilaksanakan. Saya dan petugas kesehatan berterimakasih kepada tim PKL Desa Punggur, karena memberi dampak yang positif bagi kami, sehingga bisa launching perdana posyandu remaja setelah setahun merintis” terang Bidan Ririn saat ditemui tim FKM News di balai Desa Punggur.

Penulis: Ulfa Lailatus Sa’adah

Editor : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

About Ulfah Mu'amarotul

Lihat juga

klikdokter.com

Benarkah Masker Scuba Tidak Efektif Menangkal Covid-19?

FKM NEWS – Sampai saat ini angka penderita Covid-19 masih terus meningkat di berbagai negera, …

%d blogger menyukai ini: