Mengenal Lebih Dekat Fakultas Kesehatan Masyarakat Lewat AEE 2021

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) turut berkontribusi dalam kegiatan faculty info session dimana kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara Airlangga Education Expo yang dilaksanakan secara virtual pada tahun 2021. 

Dr. Santi Martini dr., M.Kes., selaku Dekan FKM mengatakan bahwa FKM memiliki dua program studi jenjang Sarjana yang terdiri atas S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Gizi. Lebih lanjut, Dr. Santi menjelaskan terdapat program studi S1 Kesehatan Masyarakat yang berada di kampus Surabaya dan di kampus Banyuwangi. 

“Untuk S1 Gizi hanya ada di kampus Surabaya,” ucapnya pada Rabu (17/02/21).

Tidak hanya itu, sambung Dr. Santi, FKM juga memiliki lima program studi jenjang Magister dan satu program studi jenjang Doktor. Dalam acara info session tersebut, program studi Magister dan Doktor juga turut diperkenalkan melalui breakout room zoom meeting yang disediakan.

“Kita (FKM, Red) mendorong mahasiswa agar tidak hanya belajar di kampus tetapi juga belajar bersama masyarakat sehingga mahasiswa dapat benar-benar membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang ada,” jelasnya.

Pulung Siswantara S.KM., M.Kes., sebagai salah satu dosen pengajar bertugas memberikan pemaparan mengenai kegiatan perkuliahan di FKM dalam kegiatan info session itu. Dalam paparannya tersebut, dia juga menjelaskan mengenai kegiatan kemahasiswaan, pengabdian masyarakat dan student inbound. 

“Selain kegiatan kurikuler, kita (FKM, Red) juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti club basket dan club tari. Sehingga teman-teman bisa mengembangkan minat dan bakat yang kalian punya,” ujarnya.

Sesi selanjutnya diisi dengan sharing session bersama Nur Sahila sebagai Duta FKM, Christa Dewi, S.KM., M.Nur., PhD sebagai salah satu alumni S1 Kesehatan Masyarakat dan Airin Levina, S.Gz., sebagai salah satu alumni S1 Gizi. Menurut Christa Dewi, bekal ilmu yang didapatkan selama berkuliah di FKM sangat bermanfaat untuk pekerjaan yang dia jalani. 

“Lulusan S.KM itu bisa menjadi seorang dosen, peneliti, bekerja di non-governmental organization (NGO) dan masih banyak lagi,” terangnya.

Pada akhir, Airin Levina mengatakan kepada para partisipan yang hadir dalam info session agar tidak merasa khawatir mengenai pekerjaan jika mereka tertarik untuk mendaftar pada program studi S1 Gizi. Dia juga berpesan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama berkuliah sehingga sudah benar-benar siap ketika memasuki dunia kerja. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma 

About the author

Kontributor FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: