Home / Agenda / Warga FKM, Yuk Ramaikan BASKARA 2020!

Warga FKM, Yuk Ramaikan BASKARA 2020!

FKM NEWS – BASKARA 2020 merupakan agenda Event Angkatan (EA) yang diorganisir oleh mahasiswa baru angkatan 2020 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), di bawah naungan Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM FKM UNAIR. Mengangkat tema ‘Unite with Art‘ (Bersatu dengan Seni), EA kali ini mengusung konsep seni tradisional yang diwakilkan vector dengan pallet warna lebih cerah.

Meski pelaksanaan di tengah pandemi, maba 2020 mengemas acara tahunan tersebut dengan sangat apik. Terdapat dua agenda besar yakni social project dan kegiatan kemahasiswaan.

“Walaupun online, ada visi yang kami laksanakan seperti mempererat hubungan kami angkatan 2020, kami dengan angkatan 2019, 2018, 2017. Dan menjalankan Tri Dharma Perguruan tinggi,” ungkap Rafael Maranatha Gultom selaku ketua panitia BASKARA 2020.

Kegiatan social project tetap dilakukan meski dalam masa pandemi, namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Social project tersebut dilakukan oleh seluruh mahasiswa FKM UNAIR 2020. Yakni turun langsung ke lima panti di lima kota besar (Jakarta, Bandung, Bekasi, Sidoarjo, dan Surabaya) serta sebanyak 395 mahasiswa melakukan charity mandiri dengan membagikan sabun cuci tangan dan masker pada masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

Sedangkan pada kegiatan kemahasiswaan, akan diselenggarakan webinar bersertifikat dengan tema ‘Prospek Kerja FKM dalam Era 5.0’. Kemudian pada puncak acara BASKARA 2020, akan ada penampilan dari guest star, mini perform dari para panitia EA, dan berbagai games seru. Serangkaian kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada Jumat (27/11/20) melalui aplikasi zoom meating.

Tidak kalah seru, dalam acara ini akan ada nominasi King of EA dan Queen of EA. Selain itu, para undangan juga dapat berkirim salam yang nantinya akan dibacakan pada sesi Radio Baskara, yaitu saat break BASKARA.

“Acara puncak BASKARA berupa virtual hola festival dengan konsep seni tradisional yang diwakilkan vektor dengan palet warna yang lebih cerah. Akan ada berbagai penampilan dari mahasiswa FKM UNAIR, Guest Star, dan games berhadiah yang dapat mempererat hubungan antar mahasiswa baik dalam satu angkatan maupun dengan angkatan lainnya,” jelas Rafael ketika di hubungi tim FKM NEWS pada (21/11/20) melalui pesan whatsApp.

Kendati persiapan dan pelaksanaan event angkatan dilaksanakan sebagian besar melalui daring, Rafael tetap merasa bersyukur dan bangga akan kerja keras dari seluruh timnya. Daring tidak memutuskan kreativitas mereka dalam menyukseskan EA 2020.

“Masi banyak hal yang kami dapat lakukan untuk menyukseskan event angkatan ini seperti kami mencari dana dengan giat membuka thrifting shop, menjual merch, dan menyediakan jasa paid promote,” paparnya.

“Online mungkin hal yang baru tetapi bukan berarti membunuh kreativitas kami,” tambahnya.

Rafael juga menegaskan, jika online event ini tidak akan membunuh kreativitas dan membunuh persaudaraan. Namun lewat Baskara 2020 menjadi bukti suatu perjuangan, yakni perjuangan mempererat hubungan tali persaudaraan, membangun semangat, meningkatkan solidaritas, dan membuka cara berpikir kritis di tengah kesulitan.

BASKARA 2020 telah dikemas dengan baik dan menarik. Kini saatnya warga FKM UNAIR ikut berpartisipasi dan memeriahkannya. Pantau terus update kegiatan BASKARA 2020 di official akun instagram @baskara.2020. (*)

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

About Ulfah Mu'amarotul

Lihat juga

Pengumuman Yudisium Fakultas Kesehatan Masyarakat Periode 23 Desember 2020

    Berikut merupakan Pengumuman hasil Rapat Yudisium pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang …

%d blogger menyukai ini: